peluang bisnis

5 Peluang Bisnis Digital yang Menguntungkan

Peluang bisnis semakin beragam bersamaan dengan berkembangnya teknologi dan informasi. Bentuk-bentuk bisnis baru semakin bermunculan, menawarkan produk dan jasa yang disesuaikan pada kebutuhan manusia di masa kini.

Peluang bisnis yang paling menggiurkan dan memiliki prospek yang cerah adalah sektor bisnis digital. Apa itu bisnis digital? Bisnis digital adalah usaha yang dalam praktiknya memanfaatkan penggunaan teknologi untuk membuat sebuah produk ataupun memasarkannya.

Bisnis digital mulai disoroti banyak pihak. Terlebih semenjak pandemi covid-19. Pembatasan sosial memaksa semua orang harus tetap berada di rumah. Mengembangkan peluang pada bisnis digital bisa menjadi solusi. Bisnis ini bisa menjadi tambahan penghasilan ketika banyak usaha yang terpaksa tutup dan karyawan yang dirumahkan atau diberhentikan.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga didorong untuk bisa ikut bertransformasi ke dunia digital. Bahkan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menargetkan 10 juta UMKM terdigitalisasi hingga akhir 2020.

Sebegitu cerahnya masa depan bisnis digital, ini 5 peluang bisnis di dunia digital yang bisa memberikan Income besar:

Membangun Toko Online

Ilustrasi: freepik.com

Peluang bisnis digital pertama yang bisa Anda coba ialah dengan membangun toko online. Yang Anda perlukan adalah sebuah website atau platform untuk menjadi sarana bagi segala bentuk transaksi, seperti pembelian produk secara online hingga pemasarannya. Berjualan online atau ecommerce merupakan salah satu ide bisnis digital terbaik. Anda bisa menawarkan pakaian, homeware, sampai makanan. Anda juga bisa mengunakan marketplace yang sudah memiliki pelanggannya masing-masing, untuk merintis toko online. Pelaku usaha lain pun walau sudah memiliki website tetap memanfaatkan marketplace dan memasarkannya via media sosial, agar dapat menyentuh customer yang lebih luas lagi.

Membuat perusahaan Startup

Ilustrasi: freepik.com

Anda tentunya sudah tidak asing dengan sebutan startup kan? Di Indonesia sendiri pertumbuhan startup cukup pesat. Sebagian besar pasti pernah Anda gunakan jasanya. Lalu apa sebenarnya startup itu? startup (start-up) merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yang menunjukkan sebuah bisnis yang baru dirintis. Kebanyakan bergerak pada bisnis digital dan memanfaat penggunaan teknologi. Untuk memulai usaha startup Anda perlu mencari tahu dulu apa yang sedang dibutuhkan masyarakat, lalu buatlah inovasi. Karena biasanya ide bisnis startup berawal dari keinginan untuk memecahkan masalah yang ada dalam masyarakat dengan menjawab kebutuhan mereka.   

Menawarkan Jasa Internet Marketing

Ilustrasi: freepik.com

Menawarkan jasa pemasaran untuk bisnis online juga jadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan. Di tengah persaingan bisnis digital yang cukup kompetitif, jasa internet marketing akan sangat dibutuhkan. Bisnis Anda akan membantu para pengusaha online meningkatkan penjualan dengan mengoptimalkan pemasaran di internet. Anda bisa menawarkan jasa manajemen sosial media seperti penjadwalan konten, desain poster, layouting feed Instagram. Kemudian pembuatan iklan berupa Google Ads, Facebook Ads dan Instagram ads. Termasuk mengelola webste milik customer. Dengan bentuk jasa seperti ini Anda bisa mendirikan digital agency, social media consultant dan nama sebutan lainnya.  

Menjadi Seorang Youtuber

Ilustrasi: freepik.com

Selain menjual barang di internet Anda juga bisa menjual konten. Iya betul, konten. Anda bisa menjadi content creator. Salah satu platform yang bisa digunakan adalah Youtube. Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2018, 45,3 persen orang Indonesia memilih menonton video/film  saat mengakses konten hiburan di Internet. Youtube sebagai penyedia konten video terbesar bisa menjadi peluang bisnis digital yang menjanjikan. Anda bisa mendapatkan uang dari Youtube Adsense, sponsored content video, dan konten premium untuk subscriber Anda. Sebelumnya pastikan Anda sudah mengaktifkan monetisasi pada akun Youtube. Selebihnya silahkan eksplor konten se-kreatif mungkin untuk menarik banyak viewers ke channel milik Anda.

Menjadi Seorang Podcaster

Ilustrasi: freepik.com

Salah satu platform yang sudah ada sejak lama namun baru banyak digandrungi masyarakat Indonesia setelah Spotify menyediakan kanal Podcast pada 2018. Konten buatan podcaster (sebutan bagi pembuat koten podcast) pun mulai bermunculan. Temanya bisa beragam. Pendengar dapat memilih sesuai keinginannya, mulai dari materi yang serius sampai yang ringan memancing tawa. Sumber keuntungan seorang Podcaster bisa dari adlib yaitu iklan yang disisipkan pada script yang nanti dibacakan Podcaster. Bisa juga dari konten yang khusus Anda buat berdasarkan persetujuan dengan klien yang memberi sponsor. Atau donasi dari pendengar. Jika para pendengar menyukai konten Anda mereka bisa memberikan donasi sebagai bentuk dukungan pada Podcast Anda.

One thought on “5 Peluang Bisnis Digital yang Menguntungkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat