era digital

5 Sifat Wajib Pengusaha yang Harus Dimiliki di Era Digital

Peluang usaha semakin terbuka lebar di era digital. Ada banyak kesempatan untuk membuka usaha baru setiap harinya dan kebutuhan pasar pun pasti selalu ada. Hanya perlu mencari tahu siapa yang menjadi target pasar dari bisnis yang ingin dirintis. Tapi sayangnya jumlah pengusaha di tanah air masih terbilang sedikit. Seperti yang sering disampaikan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dalam berbagai kesempatan, bahwa jumlah pengusaha asal Indonesia masih di bawah 4%. Angka yang kecil dibandingkan jumlah populasi warna negara Indonesia.

Namun dibalik presentase yang masih kecil tersebut tersimpan potensi bertumbuhnya banyak bisnis baru di era digital ini. Para pengusaha baru, nantinya juga akan memberikan sumbangsih dengan membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Indonesia sudah memiliki banyak figur pembisnis sukses di bidangnya masing-masing. Cari tahu bagaimana mereka bisa merintis bisnisnya dan ‘curi’ segala taktiknya.

Hal penting lain yang membuat pembisnis sukses adalah bagaimana karakter seorang entrepreneur telah tertanam dalam diri setiap pengusaha. Karakter seperti apa kah itu? Berikut sudah commpass rangkum 5 sifat wajib pengusaha yang harus dimiliki di era digital :

Pandai Membuat Perencanaan

Ilustrasi: freepik.com

Bisnis dimulai dengan sebuah ide, ide tersebut kemudian berubah menjadi visi.Pembisnis yang baik memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin mereka raih, bagaimana mereka dapat memenuhi semua tujuan mereka dan siapa yang mereka inginkan untuk berada di sisinya meraih apa yang menjadi goal bersama.

Untuk mewujudkan ide dan visi tersebut harus dilakukan  perencanaan (planning). Perencanaan diibaratkan menjalankan startegi sebelum permainan dimulai. Pada dasarnya perencanaan ialah cara menjumlahkan semua sumber  (resources) yang ada dan membuat pengusaha hadir dengan sebuah struktur dan proses berpikir: bagaimana meraih goal yang  sudah disusun di awal. Di era digital yang perubahannya cepat dan serba tidak terduga ini, perencanaan yang matang sangat diperlukan

Berani Mengambil Resiko

Ilustrasi: freepik.com

Segala pekerjaan memiliki resikonya sendiri, terlebih bisnis dari sisi pemilik usahanya. Pengusaha memiliki cara berbeda dalam melihat resiko. Seorang pembisnis selalu bisa melihat peluang dan kesempatan maka dari itu mereka berani mengambil resiko. Mencoba berinovasi dengan hal baru, mengeluarkan biaya untuk menambah modal, berkolaborasi dengan pihak lain dan bentuk langkah apapun yang diambil selalu ada resiko di dalamnya.

Setiap keputusan tersebut diambil karena menurut mereka sepadan dengan hasil yang akan didapat. Bermunculannya customer baru, inovasi produk baru, branding yang semakin kuat, sampai repeat order dari para pelanggan setia. Tidak menutup kemungkinan pembisnis bisa bertemu dengan kegagalan, tapi ya kegagalan tersebut juga bagian dari resiko  dan harus disadari oleh pengusaha sejak awal. Jika itu terjadi yang harus dilakukan hanyalah mencobanya lagi.

Baca juga: Sudah Saatnya UMKM Go Digital

Strong Work Ethic

Ilustrasi: freepik.com

Strong work ethic menjadi sifat pembisnis yang tetap harus dimiliki di era digital walau sekarang sudah serba mudah dan praktis. Justru sifat strong work ethic lah yang berhasil membawa pengusaha meraih kesuksesan.  Bisnis yang sukses tidak terjadi secara cepat. Akan memerlukan banyak waktu, usaha, dan kerja keras dalam mewujudkannya. Pemilik bisnis tidak bekerja dari jam 9-17 selama 8 jam sehari. Mereka bisa bekerja 40 jam selam 2 hari terus menerus, karena ada banyak hal yang perlu dilakukan. Apalagi jika mulai merintis bisnis baru.

Selalu semangat dengan hal-hal baru, tidak mudah menyerah saat ada halangan, serta disiplin pada diri sendiri sekalipun bisnis yang dijalankan adalah milik sendiri. Karena walaupun bisnis sendiri bukan berarti bisa dilakukan semaunya. Selain itu pemilik usaha juga harus bisa menularkan etika bekerja yang kuat ini pada para pekerjanya. Sehingga para pekerja bisa mengikuti etika bekerja yang sama dan terbentuklah budaya kerja khas milik perusahaan.

Social Skill

Ilustrasi: freepik.com

Kemampuan yang harus dimiliki oleh pembisnis bukan jago dalam berdagang saja, tetapi juga harus memiliki sifat sosial karena pada dasaranya berbisnis itu berbuhubungan dengan banyak orang. Semakin besar suatu bisnis semakin melibatkan lebih banyak orang. Pengusaha pun akan mulai merekrut orang untuk bekerja dalam perusahaan. Pada akhirnya pengusaha bukan hanya menjadi seorang pembisnis tapi juga menjadi seorang leader yang harus menahkodai timnya.

Dalam hal ini kemampuan sosial akan sangat berguna saat pemimpin melakukan hiring dan penempatan pegawai. Memposisikan orang yang tepat sesuai dengan kemampuan mereka, plus dengan karakter dan attitude yang perlu diperhatikan. Lalu selanjutnya memikirkan bagaimana membangun team building yang solid. Selain itu jangan lupakan hubungan dengan investor, partner bisnis, dan tentunya konsumen.  Menjaga hubungan dengan semua pihak membutuhkan kecakapan dan keluwesan kemampuan sosial.

Future Oriented

Ilustrasi: freepik.com

Bisnis di era digital terus menuntut adanya inovasi, untuk menjawab kebutuhan manusia. Oleh karena itu seorang pembisnis harus memiliki sifat yang berorientasi pada masa depan. Yakni mampu melihat seperti apa perkembangan di masa depan jauh melampaui hari ini. Memiliki sifat ini juga menjadi pertanda bahwa pengusaha harus tanggap, mudah beradaptasi dan  memanfaatkan setiap momen perubahan dengan baik. Para penemu dan pembisnis akan terus mencoba membuat hal-hal baru dengan memanfaatkan  teknologi. Mereka tidak tertinggal dengan tren justru merekalah yang menciptakan tren baru.

Menjadi pembisnis di era digital artinya Anda harus siap dengan kecepatan. Tren yang cepat berubah, penggunaan teknologi yang membuat konsumen menginginkan kecepatn dan kepraktisan juga cepatnya hal-hal baru bermunculan. Untuk menghadapainya Anda membutuhkan sifat,karakter dan kemampuan seorang etrepreneur. Ini baru 5 sifat dari banyaknya karakter yang diperlukan seorang pengusaha. Ayo cari tahu lebih banyak lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat