bisnis digital

6 Kelebihan Bisnis Digital yang Perlu Kamu Tahu

Bisnis digital memiliki peluang yang besar di masa sekarang. Semua orang berlomba mendigitalkan bisnis mereka agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Terlebih setelah wabah covid 19 menyerang dunia. Orang-orang khususnya pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) harus bisa beradaptasi untuk mulai beralih ke berjualan online.

Bisnis digital menjadi hal baru bagi sebagian orang yang sebelumnya berjualan secara offline. Tidak sedikit orang yang merasa masih bingung bagaimana caranya memulai dan apa yang perlu dipersiapkan. Ditambah kekhawatiran yang muncul saat ingin memulai, misalnya tentang masalah keamanan, bagaimana transaksinya, cara pemasaran dan lain sebagainya.

Padahal bisnis secara online memiliki banyak kelebihan juga kemudahan dibanding berbisnis offline. Anda perlu ketahui dulu 6 kelebihan bisnis dital yang bisa merubah pandanganmu dan akhirnya memulai bisnis online milik sendiri.

Modalnya Relatif Kecil

Ilustrasi: freepik.com

Berbeda dengan bisnis offline dalam berbisnis online Anda bisa mulai dengan modal yang sedikit bahkan ada yang tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Modal usahanya relatif kecil karena Anda tidak perlu menyewa sebuah toko, jadi tidak ada tagihan listrik dan biaya lainnya. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau meng-hire tim kecil jika Anda merasa kewalahan atau bisnis mulai berkembang pesat.

Transaksi yang mudah

Ilustrasi: freepik.com

Semakin kesini orang-orang semakin menyukai hal-hal yang praktis. Bisnis digital memungkinkan Anda memberikan banyak jenis transaksi yang bisa dipilih untuk menjadi bagian dari pelayanan Anda. Transaksi bisa dilakukan tanpa harus saling bertemu. Berikan pilihan bentuk pembayaran melalui transfer bank atau e-wallet. Jika ingin melakukan transaksi langsung Anda bisa tawarkan COD (cash on delivery) atau memberikan pelayanan delivery langsung ke tempat pemesan.

Bisa Dikerjakan di Mana Saja dan Kapan Saja

Ilustrasi: freepik.com

Menjalankan bisnis digital bisa dari mana saja, karena jenis bisnis ini tidak terbatas ruang dan waktu. Selama Anda terhubung ke internet, Anda bisa menjalankan dan memantau bisnis melalui gadget di tangan. Customer juga bisa mengunjungi website atau media sosial kapanpun mereka inginkan. Tidak seperti toko atau kantor offline yang memiliki jam buka dan tutup. Bisnis online memungkinkan transaksi dan pembelian bisa dilakukan kapanpun customer inginkan, 24 jam sehari.

Menjangkau Banyak Orang

Ilustrasi: freepik.com

Kelebihan bisnis digital yang memberikan banyak keuntungan adalah kemampuannya menjangkau pasar yang luas. Anda bisa mendapatkan calon customer dari manapun. Terkoneksi nya setiap orang ke internet membuat dunia maya menjadi pangsa pasar yang luas dan tak terbatas. Anda bisa mendapatkan pemesanan dari kota berbeda bahkan dari negara yang berbeda. Pembeli bisa langsung berinteraksi dengan Anda melalui pesan chat atau telepon langsung. Bahkan Anda bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat akun atau website Anda, sesuai target pasar yang Anda inginkan. Caranya melalui pemasangan iklan (ads) di google atau platform media sosial .

Pemasaran yang Lebih Mudah dan Murah

Ilustrasi: freepik.com

Pemasaran secara online tergolong lebih murah dan praktis dibanding dengan pemasaran offline, seperti menggunakan poster, baliho, dan bentuk pemasaran fisik lainnya. Anda bisa memaksimalkan konten di berbagai platform media sosial, tanpa perlu mengerluarkan biaya sepeser pun. Tapi jika ingin memasang iklan pun bisa Anda lakukan. Anda bisa mengaturnya sesuai kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Misalnya untuk pemasaran di Facebook dan Instagram harga pemasangan iklan bisa mulai dari Rp 20.000/hari. Kelebihan lainnya dari pemasaran online ialah Anda bisa melihat hasil dari pemasangan iklan sehingga pencapaiannya lebih terukur. Jika Anda ingin mengoptimalkan pemasaran bisnis digital milik Anda bisa juga dengan menyewa jasa digital marketing.

Produk yang dijual bisa bervariasi

Ilustrasi: freepik.com

Produk yang ingin  Anda tawarkan bisa sangat beragam dari mulai fashion, Fnb, homeware, elektronik, furnitur dan masih banyak lagi. Bukan hanya barang yang bisa Anda tawarkan tapi juga jasa. Buat Anda yang memiliki skill tertentu seperti menulis, desain grafis, IT dan skill lainya Anda bisa menjadi seorang freelancer (pekerja lepas). Atau bisa juga menawarkan jasa pelayanan seperi pengantaran barang, cleaning service dan bentuk pelayanan lainnya. Semua hal itu sangat memungkinkan untuk Anda lakukan secara digital. Terlebih di masa sekarang dimana banyak orang yang memenuhi kebutuhannya melalui platform online. Dari mulai belanja kebutuhan rumah, membeli barang, memesan tiket, dan mencari jasa untuk membantu mempermudah pekerjaan.

One thought on “6 Kelebihan Bisnis Digital yang Perlu Kamu Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat