startup digital marketing

Startup Digital Marketing Harus Menghindari 3 Hal Ini Jika Ingin Sukses

Hindari 3 Hal Ini Dalam Merintis Startup Digital Marketing

Memilih untuk pindah strategi dari offline ke online tanpa meninggalkan sebagian aktivitas efektif offline yang telah dibangun sebelumnya adalah sebuah keputusan yang pas.

Betapa tidak, era digital sudah menjadi hal biasa yang kini digeluti oleh pebisnis yang berfikiran maju kedepan.

Berbagai Teknik dipelajari.

Bermacam strategi dibangun.

Membuat artikel secara frontal, video youtube, membuat desain, membalas semua chat masuk, spamming email.

Hingga memilih untuk berkonsultasi dengan perusahaan digital pun telah dilakukan.

Namun, daftar prospek dan pelanggan tidak mengikuti pertumbuhan digital marketing Anda yang hadir sesuai harapan.

Sebagai Startup Digital Marketing tentu memiliki rentetan resiko diatas yang mungkin terjadi pada Anda.

Pekerjaan digital marketing tidak berpijak pada pengiriman pesan marketing kepada target saja.

Anda dituntut pula dapat menganalisis sejauhmana pesan itu berpengaruh terhadap daftar target customer anda. Hingga pada akhirnya, target customer Anda bersemangat untuk menggunakan produk atau jasa yang anda miliki.

Terdapat 3 kesalahan yang harus dihindari oleh para digital marketing saat bertugas.

startup digital marketing

Pertama, Tidak Selarasnya Kerja Digital Marketing dengan Tujuan Bisnis Anda

Sebagai Startup Digital Marketing Boleh jadi anda pernah mengunggah suatu produk dalam satu hari sebanyak 20 post pada platform Facebook, demi mengejar omset yang banyak dengan rela Anda menghabiskan waktu untuk menjalankan proses digital marketing untuk mendapatkan traffic dan respon komentar dari audiens.

Namun apakah dari upaya Anda tersebut sudah menghasilkan keuntungan?

Sama seperti bisnis lainnya, tujuan konkrit dari digital marketing adalah menghasilkan pundi-pundi pendapatan yang banyak.

Solusi utama ketika terjadi ketidakselarasan kerja digital marketing dengan tujuan bisnis Anda yang pertama adalah dengan membuat Marketing Funnel sebelum sales funnel. Sebab tidak semua upaya marketing akan menjadi penjualan sebab pada fase ini pasar belum terbentuk sama sekali.

Marketing funnel ini mempunyai beberapa tahap, yang masing-masing merupakan tujuan bisnis kecil (mendapatkan alamat email, contact, dan informasi media pengguna, mengisi formulir, dll) Yang mengarah ke tujuan bisnis utama yakni penjualan.

Jika funnel marketing sudah anda buat, selanjutnya anda bisa menganalisis upaya anda, apakah pola marketing anda sudah baik atau belum menghasilkan, jika upaya-upaya anda telah dilakukan dan hasilnya tidak sesuai harapan maka, berhentilah untuk berlama-lama menghabiskan waktu disana dan selanjutnya anda harus mengkonfigurasi ulang strategi marketing berikutnya agar terhindar dari kesalahan Startup Digital Marketing.

Kedua, Memasarkan Tanpa Menentukan Segmentasi Pasar

Tahukah anda, kesalahan yang sejak dini sering dilakukan oleh Startup Digital Marketing yakni memasarkan kepada semua orang, dengan melakukan hal ini sama halnya tidak menentukan target pada siapapun.

Jika pasar Anda terlalu beragam dengan berbagai keinginan, kebutuhan, dan kemauan maka Anda tidak akan dapat membuat pesan pemasaran digital efektif dan terhubung langsung.

Maka mulailah dengan mempersempit target audiens Anda dengan berbagai demografi dan psikografis. Demografi adalah variabel kuantitatif seperti penghasilan, usia, , pendapatan, lokasi, dan jenis kelamin. Psikografi adalah pengukuran kualitatif dan sering didefinisikan sendiri seperti penggemar aktivis lingkungan, investor, atau patriot.

Ketiga, Memasarkan Pada Banyak Platform Media Sosial

Jika Anda membuat akun di semua platform media sosial dan dengan panik masuk kedalamnya, secara frontal mengunggah banyak post, ditambah tidak berinteraksi sesuai dengan norma, etika, dan standar nilai-nilai yang dijunjung tinggi pada platform tersebut. Dengan alasan menambahkan tingkat komunikasi, maka startup Anda akan terlihat buruk dan mematikan berbagai potensi calon pelanggan.

Kesalahannya adalah bahwa kehadiran Anda di jaringan ini bersifat sporadis (tidak tentu) dan Anda tidak akan bisa memahami dan terhubung dengan komunitas lebih dalam. kedepannya sebagai Startup Digital Marketing anda tidak akan merasa nyaman pada grup tersebut, bahkan jika admin grup menilai anda tidak baik maka anda berpotensi dikeluarkan dari grup tersebut.

Alangkah lebih baiknya untuk memperbaiki kesalahan ini adalah mulailah pemasaran digital Anda dengan satu atau dua media dan menghabiskan waktu pada akhirnya dari upaya tersebut Anda menjadi pemimpin industri di media tersebut sehingga kesalahan Startup Digital Marketing tidak terjadi pada anda.

Anda sebaiknya membaca juga artikel saya sebelumnya 5 Kesalahan Marketing Media Sosial yang Harus Dihindari

Jika saat ini anda butuh berkonsultasi tentang media sosial dan digital marketing anda bisa berkonsultasi dengan COMMPASS DIGITAL sebuah perusahaan yang bergerak dibidang digital.

[table id=1 /]

2 thoughts on “Startup Digital Marketing Harus Menghindari 3 Hal Ini Jika Ingin Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat