ide bisnis

Lagi Butuh Ide Bisnis, Bagaimana Cara Menemukannya?

Ide bisnis bisa didapatkan dari mana saja. Banyak hal-hal baru yang bisa Anda jadikan peluang usaha. Hal yang perlu dilakukan adalah menemukan ide-ide tersebut. Tidak perlu merasa minder atau tertinggal saat ingin merintis bisnis. Setiap orang memiliki kesempatan untuk memulai bisnis sendiri. Tidak dibatasi oleh usia, latar belakang pendidikan, kondisi sosial ataupun modal yang dimiliki. Selama Anda memiliki minat dan keinginan yang kuat, kesempatannya akan terbuka.

Menariknya, sebuah hasil survey pada tahun 2019 menujukkan minat masyarakat Indonesia untuk memulai bisnis baru cukup tinggi. Survei kewirausahaan 2019 yang diadakan Herbalife Nutrition melibatkan responden dari 9 negara, Indonesia, Hongkong, Jepang, Malaysia, Filiphina, Singapura, Korea Selatan, Thailand, dan Australia. Hasilnya keingian untuk menjadi pengusaha paling kuat ditemukan dari responden Indonesia yang mencapai 96 persen.

Alasan yang memotivasinya adalah keingin untuk menyalurkan passion dan menambah pemasukan. Selain itu responden indonesia percaya bahwa  dengan memulai bisnis baru dapat memberikan kebahagian dibandingkan bekerja kepada orang lain. Mendapatkan keleluasan waktu dalam bekerja, bisa menjadi bos atas diri sendiri dan memiliki kepuasan ketika bekerja. 

Tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis baru kapanpun Anda siap. Mulailah dari mendapatkan ide bisnis yang tepat, yang bisa menjadi peluang bisnis prospektif dan dapat bekerpanjangan.  Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk membantu Anda menemukan ide bisnis  yang sesuai.

Cari passion mu

Lebih mudah memulai bisnis dari apa yang Anda sukai atau istilah yang sering kita dengar membuat ‘Hobi yang Dibayar’.  Saat memulainya Anda akan merasa lebih bersemangat dan ketika menjalaninya pun Anda akan antusias dan menikmati perkembangannya. Karena menjalankan bisnis apalagi sedang mencoba merintisnya dari awal akan memakan banyak waktu dan energi yang Anda miliki. Jadi pastikan bisnis yang akan Anda geluti adalah sesuatu yang memang  sudah jadi passion, agar Anda tidak mudah menyerah dan tetap bersemangat.

Pastikan juga Anda sudah menguasai bidang dan memiliki keahlian yang mendukung. Jika belum maka inilah saatnya Anda  mencari tahu lebih banyak dan belajar skill pendukung yang  bermanfaat untuk mengembangkan bisnis. Dengan mengikuti pelatihan, membaca banyak buku dan referensi, berdiskusi dengan orang-orang yang menggeluti bidang yang sama.

Baca juga: 5 Sifat Wajib Pengusaha yang Harus Dimiliki di Era Digital

Identifikasi masalah sekitar

Ide bisnis juga bisa berasal dari keinginan untuk menyelesaikan suatu masalah. Ada momen dimana Anda menemukan sebuah isu yang akhirnya menjadi concern tersendiri. Kemudian Anda merasa terpanggil untuk memecahkan masalah tersebut, karena Anda yakin jika berhasil menemukan jalan keluar atau solusi untuk masalah tersebut akan ada banyak orang yang terbantu. Bisa jadi Anda pernah mengalami hal ini.

Jika seperti itu, maka mulailah mengidentifikasi masalah di sekitar Anda yang berkaitan dengan kebutuhan banyak orang. Atau masalah yang berasal dari pengalaman orang lain. Cari tahu apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Lakukan riset, analisis dan brainstorming bersama rekan-rekan Anda, kemudian buatlah perencanaan bisnis. Jadikan rencana usaha Anda menjadi solusi untuk masalah tersebut.

Ilustrasi: freepik.com

Berpikir out of the box 

Jangan langsung menyerah ketika Anda merasa semua ide bisnis yang sudah Anda persiapkan ternyata sudah ada yang menggunakannya lebih dulu. Menginginkan bisnis sendiri menjadi perintis di bidangnya memang  tidak mudah. Tidak perlu terlalu fokus pada hal tersebut. Anda tetap bisa menjalankan bisnis serupa dengan bisnis-bisnis yang sudah ada hanya perlu menemukan apa yang membuat bisnis Anda nanti berbeda. Cobalah untuk berpikir out of the box.

Mulai dari amati tren yang sedang berkembang  di pasaran. Kemudian cari tahu apa yang belum pernah ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan yang ada. Lihatlah dari sudut pandang yang berbeda maka Anda akan temukan ide bisnis yang potensial. Cukup hal yang sederhana saja. Karena seringkali bisnis-bisnis yang sukses berasal dari ide yang sederhana namun tidak pernah terpikirkan oleh orang lain.

Baca juga : 5 Contoh Bisnis Digital Untuk mu yang Baru Mulai

Cari inspirasi ide bisnis dari kisah orang lain

Ada banyak pembisnis sukses yang membagikan cerita mereka dalam berjuang merintis bisnis sendiri. Cari tahu bagaimana kisah mereka termasuk awal mula mereka mendpatkan ide bisnis. Dapatkan inspirasi dari perjalanan bisnis mereka. Termasuk belajar dari kesalahan dan kegagalan yang mereka alami.  Anda bisa mengadaptasi langkah atau cara pengambilan keputusan para tokoh pengusaha tersebut.

Apalagi jika Anda menghadapai permasalahan atau kondisi yang sama dengan mereka. Karena biasanya mereka tidak akan ragu membagikan tips dan trik dalam merintis juga mengembangkan bisnis. Semua sumber tersedia dan mudah ditemukan.  Anda bisa menemukannya dari buku biografi atau buku tips bisnis yang ditulis oleh para pengusaha sendiri. Atau mendapatkannya dari internet seperti blog pribadi, podcast, vlog, hasil wawancara dengan media dan lain sebagainya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat