facebook ads

Mau Pasang Facebook Ads? Kenali dulu 3 Pilihan Tujuan Beriklan di Facebook

Sudah mulai coba pasang iklan produk mu di facebook Ads? Facebook ads memudahkan Anda yang ingin mengiklankan bisnis secara lebih luas. Update terakhir dari laporan keuangan pada kuartal kedua tahun 2020, Facebook  menyebutkan bahwa  ada sekitar 2,7 miliar pengguna yang mengakses Facebook setiap bulannya. Data tersebut merupakan jumlah pengguna aktif bulanan secara global.

Bisa dibayangkan dengan jumlah pengguna sebanyak itu, bagaimana tidak kalau Facebook ads bisa jadi langkah strategis untuk melakukan pemasaran. Tapi sebelumnya Anda perlu pahami dulu fitur-fitur yang ada dalam Facebook ads, biar biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia dan sesuai dengan keinginan anda.

Salah satunya yang harus dipahami adalah pilihan tujuan dalam Facebook ads. Saat akan membuat ads Anda pasti diminta untuk memilih tujuan seperti apa untuk campaign Anda.

Kesadaran merek (Awareness)

sumber: unsplash.com

Tujuan awareness membantu mengenalkan brand milik Anda. Menarik perhatian target audience tanpa harus menunjukkan kata-kata penjualan atau penawaran secara gamblang. Semata untuk membangung minat audiens terhadapa produk atau layanan Anda. Memberitahu kepada khalayak apa yang membuat brand yang Anda miliki menarik dan berharga. Sehingga akan semakin banyak orang tahu tentang keberadaan brand Anda.

Untuk tujuan Facebook ads awareness Anda bisa siapkan konten menarik yang menampilkan identitas dari brand Anda. Ciri khas produk atau pelayanan yang menjadi keunggulan atau bahkan berbeda dari bentuk usaha lain yang serupa. Dengan begitu para pengguna Facebook jadi tertarik dan ingat akan brand Anda

Pertimbangan

sumber: unsplash.com

Tujuan pertimbangan ini memiliki fungsi menaikkan traffic, mengarahkan para pengguna Facebook mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang brand anda. Dalam jenis iklan ini, Anda bisa berinteraksi dengan para pengguna yang nant melihat campaign Anda. Pengguna bisa Anda arahkan ke laman website, posting-an blog, aplikasi atau bentuk landing page lainnya. Jadi tipe iklannya bisa berupa artikel menarik yang bermanfaat, penawaran free e-book, free video atau free katalog. Termasuk mengarahkan orang ke toko aplikasi untuk mengunduh aplikasi bisnis milik Anda.

Pada pilihan tujuan Facebook ads yang satu ini memang belum sampai pada penjualan (sales order), namun bisa juga kemungkinan mendapatkan sales. Apabila audiens tertarik pada konten yang disajikan kemudian diteruskan dengan mengunjungi landing page. Dengan begitu traffic pada situs bisnis anda juga meningkat.

Konversi (Conversion)

sumber: unsplash.com

Pilihan tujuan Conversion ialah  untuk mendorong audiens yang tertarik pada bisnis Anda supaya membeli atau menggunakan produk dan layanan Anda. Contohnya meminta mereka menambahkan barang ke keranjang belanja, mengunduh aplikasi, mendaftar di situs Anda, atau melakukan pembelian. Facebook ads dengan tujuan conversion juga bisa digunakan untuk menampilkan produk dari katalog  toko e commerce, bisa juga untuk mempromosikan lokasi bisnis  Anda (offline store)

Tujuan Facebook ads yang satu ini bisa jadi yang paling diharapkan para pemilik bisnis yaitu bisa mendapatkan penjualan dari iklan. Pengiklan pemula pasti langsung bertujuan pada konversi, tanpa memahami langkah-langkah sebelumnya yang harus diterapkan

Jadi mau pilih tujuan Facebook Ads yang mana?

sumber: unsplash.com

Jadi sudah tahu mau pilih tujuan Facebook ads yang mana? Sebelumnya tentukan dulu tujuan dari iklan Anda. Apa ingin mengenalkan dulu brand milik Anda atau misalnya melakukan giveaway. Atau mungkin langsung mengajak pengguna membeli barang Anda.

Campaign seperti apa yang ingin Anda sampaikan. Lalu pilih bentuk iklan nya mau seperti apa, apakah poster atau video. Pastikan membuat konten iklan yang menarik perhatian pengguna Facebook.

Jangan lupa untuk memilih target audience dengan tepat. Jangan mudah menyerah memang butuh proses trial and error. Jika sudah mencoba memasang ads coba analisa dan evauasi kemudian coba lagi. Tapi jika masih dirasa kesulitan atau nampaknya belum optimal, ada baiknya Anda konsultasikan dengan penyedia jasa digital marketing.

Mereka akan membantu menyiapkan konsep pemasaran digital secara komprehensif. Jadi tidak hanya membantu Anda dengan masalah-masalah teknis seperti di atas, tapi juga membantu membuatkan bahan-bahan yang Anda perlukan dari mulai pembuatan konten, desain poster, video, dan pemasangan ads. Anda hanya tinggal menyampaikan ingin bentuk campaign seperti apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat