WhatsApp Business

Optimalkan Bisnis dengan Whatsapp Business

Sudah tahukah Anda kalau WhatsApp yang biasa digunakan untuk keperluan komunikasi sehari-hari bisa dimanfaatkan juga untuk kebutuhan bisnis? Dengan menggunakan WhatsApp Business, aplikasi khusus bisnis  yang  bisa mempermudah pelanggan untuk terhubung dengan Anda sebagai pemilik usaha.

Kemunculan WhatsApp Business disambut baik oleh masyarakat.  Apalagi jika melihat tingkat penetrasi masyarakat pada WhatsApp standar yang cukup tinggi. Seperti yang  dilansir dari katadata.co.id, berdasarkan hasil survei Hootsuite pada Januari 2019, WhatsApp menjadi salah satu media sosial paling aktif digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sebanyak 83% atau sekitar 124 juta pengguna internet tercatat menggunakan WhatsApp pada gawai mereka.

Tingginya akses masyarakat pada aplikasi ini menunjukkan bahwa WhatsApp mendominasi percakapan dunia maya masyarakat Indonesia. Sayang sekali jika fasilitas ini tidak dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. Selama Anda memiliki database nomor telepon calon pembeli yang memasang whatsapp. Dengan mudah Anda bisa berinteraksi dengan calon pembeli secara personal.

Baca juga: Transformasi Bisnis ke Digital? Ini 5 hal yang Perlu Kamu Persiapkan

Fitur WhatsApp Business

fitur whatsApp Business

Dirilis pada tahun 2018, WhatsApp Business hadir dengan desain khusus untuk pemilik bisnis kecil.  Yang membedakannya dengan WhatsApp pada umumnya  ada pada fitur-fitur pendukung yang diberikan.  Anda hanya perlu untuk menginstalnya di smartphone, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis. Pastikan Anda menggunakan nomor yang berbeda. Karena WhatsApp Business tidak bisa menggunakan nomor yang sudah pernah atau sedang digunakan di WhatsApp standar.

Setelah berhasil memasangnya Anda bisa langsung gunakan berbagai fitur yang akan menunjang aktivitas bisnis anda. Berikut fitur-fitur WhatsApp business yang bisa Anda manfaatkan

Profil Bisnis

Dalam profil bisnis Anda bisa mencantumkan informasi lengkap tentang bisnis Anda. Seperti nama bisnis, foto profil, alamat lengkap, deskripsi bisnis, hari dan jam operasional toko, alamat email, dan situs web. Pastikan Anda memasang foto yang menarik dan memberi nama profil yang jelas dan bisa dipahami pembeli.

Balas Cepat

Fitur balas cepat bisa mempermudah Anda  menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh calon pembeli. Seperti  bagaimana cara order, harga, spesifikasi  produk, info nomor rekening  dan lainnya. Anda bisa menyimpannya dan kemudian  menggunakan kembali pesan-pesanya dengan satu klik.

Label

Jangan khawatir chat tertumpuk dan sulit dicari. Menggunakan label, kontak dan chat Anda jadi terkelola. Fitur label memungkinkan pengelompokan pesan dari mulai pesan baru, menunggu pembayaran, customer baru dan lain sebagainya. Jenis label bisa Anda tambah sesuai keperluan.

Baca juga: Haruskah Membangun Brand untuk Jualan Online Anda? Simak 2 Alasannya

Pesan Otomatis

Calon customer bisa menghubungi Anda kapan saja, di waktu yang tidak bisa kita pastikan. Jika Anda sedang berada di luar ruangan atau tidak memegang smartphone, fitur pesan otomatis bisa jadi antisipasi awal untuk mengirimkan greeting message pada customer baru. Agar calon pembeli langsung mendapatkan respon dan mengetahui bahwa mereka menghubungi nomor yang benar.

Katalog

Sesuai namanya katalog menjadi fitur untuk menampilkan produk dalam profil WhatsApp Business Anda. Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk yang dapat dilihat oleh konsumen saat melihat profil Anda. Dalam katalog  konsumen tidak hanya melihat foto produk, tapi bisa juga melihat detail keterangan dan harga produk.

Statistik Pesan

Statistik pesan dalam WhatsApp Business memungkinkan Anda untuk meninjau status seluruh pesan. Anda jadi mengetahui ada berapa banyak pesan yang berhasil terkirim, diterima, sampai yang telah dibaca. Anda bisa menilai pesan mana yang efektif.

Kategori Bisnis

Pada bagian profil  tersedia  menu kategori bisnis. Anda bisa memilih kategori bisnis yang sesuai lewat dropdown list yang sudah terdaftar. Namun, jika kategori bisnis Anda tidak termasuk dalam list kategori bisnis, Anda dapat memilih menu “others”.

Tanda Centang Akun Bisnis

WhatsApp Business akan melakukan verifikasi terhadap akun-akun bisnis melalui nomor telepon yang telah didaftarkan. Bagi akun-akun yang berhasil terverifikasi pihak WhatsApp akan memberikan centang berwarna hijau. Keuntungannya, nama bisnis Anda akan terlihat meskipun pelanggan belum menyimpan kontak Anda. Pelanggan jadi semakin yakin bahwa nomor yang dhubungi adalah akun bisnis yang resmi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat