google bisnisku

Sudah Buat Google Bisnisku Belum?

Ketika mencari tempat makan atau outlet baju terdekat melalui mesin pencari Google, Anda akan dimudahkan dengan  fitur Google Bisnisku. Anda bisa melihat munculnya daftar semua tempat makan atau outlet terdekat, lengkap dengan lokasi, hari dan jam toko tersebut buka, sampai kontak dari bisnis tersebut.

Sebenarnya bukan hanya mempermudah customer untuk mencari tempat makan atau outlet terdekat saja, Google Bisnisku juga mempermudah para pemilik  usaha untuk menampilkan profil bisnis nya sehingga lebih mudah dalam menjangkau customer. Bagi Anda yang memiliki bisnis jika ingin mendapatkan tampilan tersebut Anda bisa membuatnya dengan membuat akun Google Bisnisku, gratis!

Jadi Sebenarnya Apa itu Google Bisnisku?

Ilustrasi: freepik.com

Google Bisnisku atau Google My Business adalah tools gratis dari Google yang dapat membantu mengelola kemunculan bisnis Anda di berbagai produk Google, seperti di maps dan penelusuran. Google Bisnisku dapat membantu orang lain menemukan bisnis  Anda dengan lebih mudah. Selain itu bisnis  yang  telah diverifikasi di Google berpeluang dua kali lebih besar untuk dianggap sebagai bisnis bereputasi baik oleh pengguna.

Jadi saat orang mencari tahu bisnis Anda atau bisnis serupa di mesin penelusuran Google, bisnis Anda akan masuk listing-an khusus yang posisinya berada di bagian atas halaman pertama. Lengkap dengan info dasar terkait bisnis Anda dari mulai, foto, lokasi, info kontak seperti no telepon, email dan situ website. Kemudian info waktu operasional toko, seperti hari dan jam buka toko. Serta deskripsi bisnis Anda dan ulasan dari pelanggan toko tentang pengalaman mereka atau testimoni kepuasan.

Calon pembeli jadi lebih mudah untuk menemukan toko Anda dan lebih mudah untuk menghubungi Anda karena semau informasi kontak sudah tersedia.

Dapat Menganalisa Efektivitas Melalui Insight

Bukan hanya mempermudah Anda dan pelanggan dalam berinteraksi, Google Bisnisku juga memungkinkan pemilik bisnis untuk mengukur sejauh mana jangkauan interaksi pelanggan ketika mencari bisnis Anda di Internet.

Insight Google Bisnisku dapat memberi tahu:

  • Bagaimana customer menemukan bisnis Anda, apakah langsung atau menemukan melalui pencarian
  • Dimana Customer menemukan bisnis Anda, apakah melalui pencarian atau google maps
  • Tindakan yang diambil oleh customer pada listing bisnis Anda. Seperti mengunjungi website, mecari tahu arah menuju ke toko Anda, melihat-ihat galeri foto, atau langsung menghubungi Anda.
  • Lokasi dimana customer Anda tinggal, dilihat dari pencarian lokasi.
  • Jumlah panggilan telepon dan waktu customer menghubungi

Selain itu Google Bisnisku memiliki tool Google Analytics. Tool ini bisa memberi Anda informasi tentang traffic website (tingkat jumlah kunjungan webiste) dan audience Anda. Insight pada Google Bisnisku lebih fokus pada traffic yang akun Google Bisnisku dapatkan, sedangkan Google Analytics menyediakan laporan yang lebih dalam .

Tips Optimasi Google Bisnisku

Sumber: wordstream.com

Sudah saatnya mengoptimalkan penggunaan Google bisnisku untuk usaha milik Anda. Kenapa? Karena hampir semua orang di masa sekarang mencari tahu apa yang ingin mereka beli melalui internet. Selain mencarinya di media sosial, lebih praktis lagi dengan googling. Google menjadi mesin pencari yang mendominasi, dan mereka sadar betul akan hal itu.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Google Bisnisku. Cara mendaftarnya tidak sulit. Sayang sekali jika tidak Anda gunakan secara maksimal, karena tidak hanya berguna untuk memberi informasi dasar, Google bisnisku akan memberikan dampak yang besar dalam meningkatkan keterjangkauan bisnis Anda, jika Anda tahu bagaimana cara menggunakannya dengan  benar. Berikut hal yang perlu Anda perhatikan untuk mengoptimasi kinerja Google Bisnisku:

Lengkapi Setiap Bagian dalam Akun Google Bisnisku

Bandingkan dua profil dari bisnis yang berbeda pada foto di atas. Menurut Anda mana yang membuatmu tertarik untuk mencari tahu lebih tentang bisnisnya? Tidakkah profil yang sudah lengkap lebih atraktif dibanding profi yang satunya? Maka dari itu seb,aiknya lengkapi setiap info profil yang tersedia. Agar konsumen pun semakin yakin dan bisa menumbuhkan keinginan mereka untuk lebih mencari tahu tentang bisnis Anda. Biarkan mereka mengeksplorasi profil Anda di dalam listing Google.

Unggah Foto-Foto Baru Secara Rutin, Misalnya Setiap Minggu

Sebuah studi dari Synup menemukan bahwa, listing dengan banyak foto dua kali lebih memungkinkan untuk dipertimbangkan sebagai bisnis yang memiliki reputasi dan mendapatkan 35% kemungkinan di-klik lebih banyak. Dalam Google bisnisku Anda bisa mengunggah foto profi, foto cover termasuk video, untuk menunjukkan bagaimana bisnis Anda berjalan. Ajak pula customer untuk menambahkan foto yang berkaitan dengan bisnis Anda. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan galeri yang penuh dengan user generated content

Buat Google Post Setiap Minggu

Bukan hanya unggah foto-foto yang berkaitan dengan bisnis Anda. Bagikan juga konten informatif sama seperti ketika membuat postingan di sosial media. Anda bisa mem-posting pengumuman atau informasi terbaru, produk spesial, event, penawaran menarik seperti diskon atau voucher. Anda juga bisa menambahkan call to action button di setiap Google Post seperti, buy,sign up, learn more, reserve, get offer. Anda mulai bisa membuat postingan setelah akun Google bisnis terverifikasi, secara otomatis menu untuk membuat google post akan muncul. Google post akan menghilang setelah tujuh hari, itulah kenapa Anda perlu membuat Google post secara berkala.

Mendapatkan Review Sebanyak Mungkin

Review, testimoni dan rekomendasi adalah senjata paling kuat dalam pemasaran. Baik dalam bisnis offline maupun bisnis online. Dalam listing Google juga tersedia slot review dan pemberian rating dengan tanda bintang. Dapatkan review tentang bisnis Anda sebanyak mungkin. Review dan testimoni yang positif akan meningkatkan trust pada bisnis Anda dan menaikkan SEO lokal. Tapi bagaimana caranya bagi yang baru mulai membuat akun untuk bisa mendapatkan review? Pertama Anda bisa minta kesedian pelanggan setia  yang sudah memakai produk Anda sejak lama, untuk memberikan review. Dilansir dari wordstream.com 62% customer akan bersedia menulis review jika diminta. Jadi ajak mereka melalui media sosial, WhatsApp atau Email.

Menjawab Pertanyaan Netizen

Bukan hanya menjadi laman informasi bisnis dalam listing Google, netizen juga bisa menuliskan pertanyaan seputar usaha Anda. Seringkali mereka yang ingin tahu terlebih dahulu  tentang bisnis Anda tidak langsung menelpon. Sama seperti di instagram, jika ada calon customer yang ingin bertanya atau penasaran biasanya tidak langsung menghubungi lewat kontak yang ada, tapi bertanya melalui DM. Di listing Google fitur pertanyaan juga disediakan. Pastikan Anda menjawab setiap pertanyaan yang masuk, jadi harus dipantau secara berkala. Kalaupun bukan Anda yang menjawab, pelanggan Anda yang terlebih dahulu tahu tentang brand Anda bisa bantu menjawab. Ya, fitur pertanyaan ini bisa dijawab oleh siapapun, bentuknya jadi seperti chit  chat.

Semakin dekatkan bisnis Anda dengan konsumen melalui pemanfaatan fitur Google, yang bisa Anda gunakan secara gratis.  Menjangkau lebih banyak lagi calon customer termasuk mereka, konsumen yang lokasinya berada dekat denga bisnis Anda. Jangan lewatkan fitur ini begitu saja, karena semua bisnis pun sudah memanfaatkan listing Google secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat